iklan Kareba Parlementa
Sulselsatu
Sulselsatu
iklan Kareba Parlementa

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan bijak menentukan menu makanan setiap harinya.

Tak hanya seminggu dua minggu, banyak yang melakukannya bahkan hingga berbulan-bulan! Padahal, ada menu diet yang sehat dan tak perlu dilakukan berlama-lama, melainkan hanya seminggu.

Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan, menu diet seminggu ini juga manjadi faktor penentu dalam menurunkan berat badan.

Prinsipnya menu diet seminggu yang dimaksud harus memiliki unsur-unsur yang sehat, seperti kaya serat, mengenyangkan, mencegah badan menjadi gemuk, dan menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja menunya?

Iklan Pemerintah Kabupaten BONE

Yuk, simak menu diet seminggu yang ampu dan menyehatkan berikut ini:

Senin
Roti gandum, menu ini cocok untuk sarapan maupun makan siang. Pasalnya, roti gandum dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu lama. Tak hanya itu, roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang juga kaya akan nutrisi dan serat. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengolesinya dengan selai kacang yang tak kalah menyehatkan.

Buah tomat, meskipun rasanya bukan kegemaran setiap orang, namun buah tomat kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi penyedap makanan.

Oatmeal, menu ini dapat Anda tempatkan sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dengan kandungan serat, karbohidrat, dan mineralnya, oatmeal bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi yang tidak lekas membuat lapar.

 Selasa
Menu diet seminggu di hari selasa yang pertama bisa Anda konsumsi adalah nasi merah, satu lagi pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda tanpa membuat lapar dengan cepat. Nasi merah kaya akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Anda.

Jus jambu, untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin hari ini, Anda membutuhkan asupan buah. Anda bisa mendapatkannya di buah jambu, yang juga bagus untuk peredaran darah.

Orak-arik sayur, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu Anda harus berhati-hati agar menu sayuran ini tetap rendah lemak. Karenanya, gunakan lah minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk memasaknya.

Rabu
Daging rendah lemak, hari ini izinkanlah perut Anda untuk mencicipi daging. Jika diolah dengan bahan yang rendah lemak, daging justru bagus untuk kesehatan karena kaya akan protein nabati.

Buah pisang, untuk memenuhi kebutuhan buah hari ini, konsumsilah buah pisang yang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Di samping itu, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat membuat Anda lapar.

Buncis dan wortel, penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda dengan mengonsumsi kedua sayuran ini sebagai menu diet seminggu di hari rabu ini.

Kamis
Kentang, dapat menjadi pengganti nasi. Anda dapat mengolah panganan kaya karbohidrat ini dengan cara direbus hingga lembut.

Jus alpukat, penuhi kebutuhan asupan buah harian Anda dengan jus alpukat. Tak hanya dijus, buah kayak mineral dan vitamin ini juga dapat Anda makan langsung dengan menumbuknya di dalam gelas.

Salad, racik semangkuk salad penuh dengan sayur-sayuran yang Anda inginkan, jangan lupa bumbui dengan minyak zaitun.

Jumat
Susu, bisa Anda terapkan sebagai penggantisarapan, lho. Anda bisa minum segelas susu murni dengan didampingi roti atau biskuit.

Singkong, merupakan salah satu yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Menu kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda dalam jumlah sedikit.

Jus melon, untuk memenuhi kebutuhan buah, vitamin, dan mineral harian Anda, konsumsilah jus melon, atau buah melon secara langsung.

Sabtu
Yoghurt, bisa Anda konsumsi saat sarapan ataupun malam hari sebelum tidur. Menu ini kaya akan protein.

Jagung, konsumsi bahan pangan ini sebagai pengganti nasi, dengan cara merebus atau mengkukusnya. Anda juga dapat membuat sweet corn dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Jus jeruk, untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda.

Minggu
Menu diet seminggu pada hari minggu ini Anda dapat mengonsumsi pancake buah, di hari libur ini Anda dapat memanjakan diri dengan mengonsumsi pancake buah. Selain mengenyangkan, pancake buah juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda.

Ubi jalar, cobalah pula menu ini sebagai pengganti nasi putih saat makan siang atau malam. Pasalnya, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Nah, itu dia menu diet seminggu yang menyehatkan sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan tubuh Anda akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Anda dapat pula mengutak-atik menu diet seminggu ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi menu yang sama dalam 2-3 hari dalam seminggu, ya! Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menu diet mayo demi berat badan turun maksimal.

Iklan PDAM
...

Kasus OTT Disdik Sidrap, Tersangka Curiga Bakal Jadi Tumbal

SIDRAP - Keluarga Ahmad, tersangka kasus OTT Dinas Pendidikan Sidrap mengancam akan membeberkan ke publik aliran dana pungutan liar atau fee proyek Disdik. Adik ipar...

Putra Dollah Mando ke Rutan Polda Minta Barang Bukti ke Tersangka

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Putra Bupati Sidrap Dollah Mando, M Yusuf alias Doni dikabarkan mendatangi tersangka kasus OTT Disdik Sidrap, Syahrul Syam di Rutan Polda...

Akal Bulus Pria Ini Ajak Istrinya “Digoyang” Pria Lain

SULSELSATU.com, SURABAYA - Subdit IV Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur telah menetapkan EH, tersangka kasus bisnis prostitusi pesta seks tukar pasangan...

Kasus OTT Disdik Sidrap, Tersangka Siap Beberkan Peran Dollah Mando

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tersangka kasus pemotongan DAK Fisik Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sidrap, Ahmad, siap membeberkan pihak-pihak yang terlibat dalam kasus yang menyeretnya...
video

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...

Bonek Persebaya Titip Nama di NASA untuk Dibawa ke Planet Mars

SULSELSATU.com, SURABAYA - Anggota Bonek Writer Forum sekaligus dosen fisika Universitas Achmad Dahlan Yogyakarta, Yudhiakto Pramudya mendaftarkan nama Bonek Persebaya untuk dibawa ke Planet...

Tips Memasak Steak Daging Agar Empuk dan Tidak Keras

SULSELSATU.com - Munculnya kreasi kuliner baru karena selera pasar atau konsumen yang menyukai variasi cita rasa baru di dalam makanan, termasuk Steak. Peluang ini...
video

VIDEO: Program Bayi Tabung, Irwansyah Ajak Bicara Embrio di Perut Zaskia Sungkar

SULSELSATU.com - Pasangan artis Zaskia Sungkar dan Irwansyah telah membina rumah tangga sejak 15 Januari 2011 lalu, hingga kini pasangan tersebut belum dikarunai anak. Tak...
Dinas Pendidikan

FOTO: Pengendara Roda Dua Manfaatkan JPO

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pengendara melintas di atas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Barawaja, Makassar, Rabu (17/10/2018). JPO yang seharusnya menjadi hak bagi pejalan kaki,...

Baca Juga

Operator TK Binamu Jeneponto Iktui Bimtek Penginputan Dapodik

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Sebanyak 30 orang operator Dapodik tingkat Taman Kanak Kanak (TK) wilayah Kecamatan Binamu, Jeneponto, mengikuti bimbingan teknis tata cara penginputan data...

200 Kg Sabu Impor Asal Myanmar Gagal Edar di Indonesia

JAKARTA - Narkoba jenis sabu seberat 200 kg asal Myanmar gagal edar setelah berhasil diungkap aparat kepolisian. Sabu ini disembunyikan dalam karung berisi jagung...

Gempa 5,4 Magnitudo Guncang Seram Timur, Tak Berpotensi Tsunami

SULSELSATU.com - Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku dilanda gempa bumi magnitudo (M) 5,4. Meski begitu gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. "Tidak berpotensi tsunami,"...
video

VIDEO: Sisipkan Gaji Selama 12 Bulan, Polres Jeneponto Kurban 51 Ekor Sapi

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Polres Jeneponto dan jajarannya menyembelih 51 ekor sapi kurban. Hewan kurban ini dari gaji yang disisipkan selama 12 bulan. Kasubag Humas Polres...

TERKINI

video

VIDEO: Viral, ART Masukan Masker ke Celana Dalam

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang wanita yang diduga Asisten Rumah...

Bupati Gowa Motivasi Siswa MAN IC Agar Bisa Kuasai Bahasa Asing

SULSELSATU.com, GOWA - Selain mampu menguasai teknologi, salah satu yang perlu...

Wawali Hadiri Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di Ujung

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim, menghadiri peletakan...

Bupati Gowa Tinjau Kesiapan Pembukaan Pos Pelayanan Publik

SULSELSATU.com, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Kepala Kejaksaan...

Airlangga Batalkan Keputusan Nurdin Halid Soal Penggantian Plt Ketua Golkar Palopo

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Keputusan DPD I Golkar Sulsel berdasarkan surat bernomor...

2 Pedagang Positif, Satgas Covid-19 Semprot Disinfektan di Pasar Sentral Pinrang

SULSELSATU.com, PINRANG - Adanya dua warga kabupaten Pinrang yang terkonfirmasi positif...
video

VIDEO: Diduga Kelelahan Saat Resepsi, Pengantin Wanita di Sulbar Meninggal Dunia

SULSELSATU.com - Belum genap seminggu menjalani bahterah rumah tangga, Ardiwansyah Tato harus kehilangan sang istri, Nurmadina. Kamis lalu, (17/10/2019) ia dan istri baru saja melangsungkan...