Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan bijak menentukan menu makanan setiap harinya.

Tak hanya seminggu dua minggu, banyak yang melakukannya bahkan hingga berbulan-bulan! Padahal, ada menu diet yang sehat dan tak perlu dilakukan berlama-lama, melainkan hanya seminggu.

Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan, menu diet seminggu ini juga manjadi faktor penentu dalam menurunkan berat badan.

Prinsipnya menu diet seminggu yang dimaksud harus memiliki unsur-unsur yang sehat, seperti kaya serat, mengenyangkan, mencegah badan menjadi gemuk, dan menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja menunya?

Yuk, simak menu diet seminggu yang ampu dan menyehatkan berikut ini:

Senin
Roti gandum, menu ini cocok untuk sarapan maupun makan siang. Pasalnya, roti gandum dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu lama. Tak hanya itu, roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang juga kaya akan nutrisi dan serat. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengolesinya dengan selai kacang yang tak kalah menyehatkan.

Buah tomat, meskipun rasanya bukan kegemaran setiap orang, namun buah tomat kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi penyedap makanan.

Oatmeal, menu ini dapat Anda tempatkan sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dengan kandungan serat, karbohidrat, dan mineralnya, oatmeal bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi yang tidak lekas membuat lapar.

 Selasa
Menu diet seminggu di hari selasa yang pertama bisa Anda konsumsi adalah nasi merah, satu lagi pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda tanpa membuat lapar dengan cepat. Nasi merah kaya akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Anda.

Jus jambu, untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin hari ini, Anda membutuhkan asupan buah. Anda bisa mendapatkannya di buah jambu, yang juga bagus untuk peredaran darah.

Orak-arik sayur, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu Anda harus berhati-hati agar menu sayuran ini tetap rendah lemak. Karenanya, gunakan lah minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk memasaknya.

Rabu
Daging rendah lemak, hari ini izinkanlah perut Anda untuk mencicipi daging. Jika diolah dengan bahan yang rendah lemak, daging justru bagus untuk kesehatan karena kaya akan protein nabati.

Buah pisang, untuk memenuhi kebutuhan buah hari ini, konsumsilah buah pisang yang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Di samping itu, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat membuat Anda lapar.

Buncis dan wortel, penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda dengan mengonsumsi kedua sayuran ini sebagai menu diet seminggu di hari rabu ini.

Kamis
Kentang, dapat menjadi pengganti nasi. Anda dapat mengolah panganan kaya karbohidrat ini dengan cara direbus hingga lembut.

Jus alpukat, penuhi kebutuhan asupan buah harian Anda dengan jus alpukat. Tak hanya dijus, buah kayak mineral dan vitamin ini juga dapat Anda makan langsung dengan menumbuknya di dalam gelas.

Salad, racik semangkuk salad penuh dengan sayur-sayuran yang Anda inginkan, jangan lupa bumbui dengan minyak zaitun.

Jumat
Susu, bisa Anda terapkan sebagai penggantisarapan, lho. Anda bisa minum segelas susu murni dengan didampingi roti atau biskuit.

Singkong, merupakan salah satu yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Menu kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda dalam jumlah sedikit.

Jus melon, untuk memenuhi kebutuhan buah, vitamin, dan mineral harian Anda, konsumsilah jus melon, atau buah melon secara langsung.

Sabtu
Yoghurt, bisa Anda konsumsi saat sarapan ataupun malam hari sebelum tidur. Menu ini kaya akan protein.

Jagung, konsumsi bahan pangan ini sebagai pengganti nasi, dengan cara merebus atau mengkukusnya. Anda juga dapat membuat sweet corn dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Jus jeruk, untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda.

Minggu
Menu diet seminggu pada hari minggu ini Anda dapat mengonsumsi pancake buah, di hari libur ini Anda dapat memanjakan diri dengan mengonsumsi pancake buah. Selain mengenyangkan, pancake buah juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda.

Ubi jalar, cobalah pula menu ini sebagai pengganti nasi putih saat makan siang atau malam. Pasalnya, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Nah, itu dia menu diet seminggu yang menyehatkan sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan tubuh Anda akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Anda dapat pula mengutak-atik menu diet seminggu ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi menu yang sama dalam 2-3 hari dalam seminggu, ya! Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menu diet mayo demi berat badan turun maksimal.

...

POPULER

video

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu.Akibatnya, bukan hanya...
video

VIDEO: Pasangan Ini Kedapatan Berhubungan Intim di Pesawat

SULSELSATU.com - Pria dan wanita terpergok sedang melakukan hubungan intim di pesawat. Momen itu terjadi dalam penerbangan menuju Meksiko. Tanpa memedulikan keberadaan penumpang lain. Video Editor: Andi...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sekda Makassar Tertibkan Randis Pejabat

SULSELSATU.com , MAKASSAR - Sekretaris Daerah Kota Makassar Muh. Ansar menertibkan pejabat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang memiliki Kendaraan Dinas (Randis) lebih dari...

Mahasiswa Unhas Gugat UU Capil dan Kependudukan di MK

SULSELSATU.com, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi mulai menyidangkan uji materi Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang...

Ubah Lokasi Kumuh Menjadi Layak Huni, Iqbal Suhaeb Harap Warga Sadar Lingkungan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb meresmikan lokasi percontohan  RISE yang diadakan oleh Monash University dan ADB (Asian Development Bank) di...

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...

FOTO: Pemeliharaan Jaringan Listrik, Petugas PLN Ganti Kabel Tidak Layak Pakai

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Petugas PLN Rayon Panakkukang mengganti kabel listrik di Jalan Bonto Bila, Makassar, Jumat (16/3/18).Penggantian tersebut untuk mengantisipasi terjadinya korsleting pada kabel. Foto...

Baca Juga

Jelang Akhir Tahun, Harga Bahan Makanan di Kota Makassar Berpotensi Naik

SULSELSATU.com,MAKASSAR - BI Sulsel menyebut bahan makanan di Kota Makassar berpontensi mengalami kenaikan harga jelang akhir tahun. BI mencatat inflasi Kota Makassar masih berada pada rentan...
video

VIDEO: Terjerat Tali, Hiu Paus “Minta” Bantuan Nelayan

SULSELSATU.com - Seekor ikan Hiu Paus yang terjerat tali mendekati perahu nelayan. Ia seakan meminta bantuan nelayan untuk melepaskan tali tersebut. Fenomena itu terjadi di...

Menag Minta Raja Salman Tambah Kuota Haji Indonesia

SULSELSATU.com, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi menemui Menteri Haji dan Umrah Saudi, Mohammad Saleh bin Taher Benten, di Mekkah, Arab Saudi, Senin (2/12/2019). Dalam...

Kemas 14 Poin dari 15 Laga, Everton Depak Marco Silva

EVERTON - Everton memecat juru taktik Marco Silva. Pemecatan pelatih berkebangsaan Portugal itu diumumkan lewat situs resmi klub. Lewat situs resmi The Toffees, Evertonfc.com, manajemen...

TERKINI

video

VIDEO: Resmikan Pabrik Polietilena di Cilegon, Jokowi Harap Indonesia Tak Lagi Impor Petrokimia

SULSELSATU.com - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik baru PT Chandra Asri...

Wacana PNS Tak Wajib Ngantor, BKD Makassar Sebut Kondisi di Daerah Berbeda

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Skema kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal berubah...
video

VIDEO: Diduga Drainase Buruk, Jalan Cibadak Sukabumi Diterjang Banjir

SULSELSATU.com - Wilayah Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat dilanda banjir, Jumat (6/12/2019). Terlihat...

Dewan Kecewa Sikap BPN Terkait Sengketa Lahan di Antang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar kecewa...
video

VIDEO: Penjaga Tol Terbanting Saat Konternya Ditabrak Truk

SULSELSATU.com - Seorang penjaga tol nyaris meregang nyawa karena sebuah truk...

Hatta Rahman Sebut Chaidir dan Suhartina Pasangan Ideal di Pilkada Maros

SULSELSATU.com, MAROS  - Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Maros...
video

VIDEO: Dihujat Warganet, Mahasiswi yang Acak acak Minimarket Minta Maaf

SULSELSATU.com - Aksi sekelompok mahasiswi yang mengacak-acak barang dirak penyimpanan sebuah minimarket, akhirnya meminta maaf. Mereka mengaku hanya melakukan tindakan spontanitas hingga akhirnya aksi...