iklan Kareba Parlementa
Sulselsatu
Sulselsatu
iklan Kareba Parlementa

20 Band Wilayah Makassar Beraksi di Pucuk Cool Jam 2020

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Teh Pucuk harum menggelar Pucuk Cool Jam 2020 “Make The Journey Louder” di Phinisi Point Mall, Makassar, Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan tersebut digelar di Makassar setelah sebelumnya dilaksanakan di wilayah Jabodetabek dan Samarinda pada 16 November 2019 kemudian menuju wilayah Palembang pada 23 November 2019 serta wilayah Bandung dan Yogyakarta pada 24 November 2019 lalu.

Khusus wilayah Makassar, sebanyak 20 peserta terpilih kategori band dan peserta kategori ekstrakurikuler akan tampil langsung di hadapan juri kategori band Andi Muhammad Ikhlas, Music Director Radio Madama FM dan juri kategori ekstrakurikuler Shuki, founder Kings Floor Dance Academy.

Pucuk Cool jam 2020 salah satu ajang seni dan kreativitas bagi generasi muda Indonesia yang memiliki minat dan bakat di bidang seni khususnya yang dihelat oleh Teh Pucuk Harum telah melewati tahap digital audition yang berhasil menjaring lebih dari 400 peserta sejak dibuka pada tanggal 2 September hingga 10 November 2019 melalui microsite www.pucukcooljam.com.

Dalam ajang kreativitas seni dan musik bagi anak muda berbakat yang memasuki gelarannya yang ke-5, Pucuk Cool Jam 2020 kembali melebarkan wilayah pencaraian bakat yakni penambahan kota Palembang.

Ditunjuknya kota yang dikenal dengan pempeknya ini sebagai perwakilan dari pulau Sumatera diharapkan dapat semakin mengakomodir talenta yang ada, sehingga Pucuk Cool Jam 2020 bisa menjadi wadah yang nyata bagi talenta muda Indonesia dalam berkarya, dan bersama-sama menciptakan perjalanan kreatif yang lebih menantang.

“Sejalan dengan tema kali ini yaitu “Make The Journey Louder”, diperluasnya kembali wilayah pencarian anak muda berbakat setelah tahun lalu adalah Kota Surabaya, Yogyakarta, kemudian Samarinda sebagai perwakilan Kalimantan dan Makassar sebagai perwakilan kawasan Indonesia Timur serta di Pucuk Cool Jam 2020 dipilih Kota Palembang, semakin menunjukkan bahwa pencarian potensi talenta kreatif muda hampir menjangkau ke seluruh pelosok tanah air. Hal ini merupakan komitmen kami untuk terus mendukung dan mewujudkan generasi muda Indonesia yang kreatif, dinamis, berani dan berprestasi melalui gelaran Pucuk Cool Jam 2020,” ujar Brand Manager Teh Pucuk Harum, Yustina Amelia.

Pucuk Cool Jam 2020. (Sulselsatu/Kink Kusuma Rein)

Berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, di Pucuk Cool Jam 2020 “Make The Journey Louder” setiap tahapan melibatkan para juri yang berkompeten baik dari musisi maupun dari institusi yang memiliki kredibilitas di bidang seni untuk mendapatkan pemenang Pucuk Cool Jam 2020 yang berkualitas.

Dalam proses digitial audition, dua jurnalis musik senior yakni Fajar Andi dan Ryan Kampua diterjunkan untuk menyeleksi lebih dari 400 peserta band sekolah yang kemudian dikerucutkan menjadi 20 peserta band di setiap wilayah dari tujuh kota tersebut.

“Setelah mendengarkan semua materi yang dikirimkan, saya cukup bangga dengan kreativitas anak muda yang mengikuti ajang Pucuk Cool Jam 2020, karena kendati masih tergolong pemula, mereka berani dan mampu mengeksplor kemampuan bermusiknya. Tidak hanya sebatas ‘layak dan enak didengar’ dalam meng-cover lagu-lagu serta ada pula yang piawai dalam memainkan aransemen musik sehingga terdengar lebih fresh, sejumlah grup band anak sekolah ini pun sudah memainkan lagu sendiri yang levelnya bisa disandingkan dengan kualitas band rekaman,” kata Fajar Andi.

Senada dengan koleganya, Ryan Kampua merasa takjub karena semua peserta terutama di daerah di luar Jabotadebek sudah memainkan musik yang sangat beragam dan tidak terpaku pada musik-musik yang sedang trend saja.

“Tidak hanya musik yang sedang digemari seperti pop dan rock, lebih dari empat ratusan peserta ini ada juga yang memainkan genre ska hingga heavy metal dan bahkan terdapat beberapa grup yang berani menghadirkan lagu daerah yang diaransemen secara kekinian. Ini bisa menjadi bukti bahwa mereka tidak kalah kemampuannya dengan anak muda di ibukota yang dimudahkan dengan segala fasilitasnya, dan kami pun dari tim juri digital audition tampaknya bekerja lebih ekstra untuk menentukan siapa yang bisa lolos ke babak berikutnya,” ujar Ryan Kampua.

Peserta yang berhasil lolos seleksi digital audition dari 7 (tujuh) wilayah yaitu Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Samarinda, Makassar dan Palembang siap memasuki tahap selanjutnya yaitu live performance audition Road to Pucuk Cool Jam 2020 yang akan dihelat pada 16, 23, 24 dan 30 November 2019.

Mereka yang terpilih dari tiap kota selama Road to Pucuk Cool Jam 2020 tersebut nantinya akan berkesempatan tampil di tahap final Pucuk Cool Jam 2020 “Make The Journey Louder” pada 1 Februari 2020 mendatang di Yogyakarta.

Adapun dalam proses penjurian di tahap live performance audition di Road to Pucuk Cool Jam 2020, akan melibatkan sejumlah Music Director dari berbagai radio ternama nasional maupun lokal dari tujuh kota gelaran Road to Pucuk Cool Jam 2020 untuk menyaring peserta yang kemudian akan berlaga di tahap final Pucuk Cool Jam 2020.

“Pada tahapan seleksi Road to Pucuk Cool Jam 2020 wilayah Makassar ini, sebagai juri di kategori band, saya akan menilai kreativitas dan juga skill bakat-bakat muda di sekolah dalam konsep live performance. Setelah secara materi mereka bisa lolos, kini tiba saatnya akan dinilai lagi bagaimana mereka tampil secara live, penguasaan panggung, permainan instrumen musik hingga kemampuan mengaransemen lagu. Sehingga nantinya para finalis yang akan memperebutkan juara memang benar-benar yang terbaik dan diharapkan menjadi band masa depan dan berjaya di belantika musik,” kata Ikko panggilan akrab Andi Muhammad Ikhlas, Music Director Radio Madama FM.

Program Pucuk Cool Jam 2020 kembali bukan hanya mengapresiasi anak muda dengan bakat musik tapi juga ekstrakurikuler juga yang cukup diminati yaitu menari atau dance. Seperti halnya band-band yang akan diseleksi, para peserta dari estrakurikuler yang berpartisipasi pun akan diseleksi oleh juri yang berkompeten dibidangnya dan nanti yang terpilih akan maju ke tahap final.

“Melalui kegiatan Pucuk Cool Jam 2020 ini, Teh Pucuk Harum berharap dapat menjadi wadah kreatif untuk menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki sekaligus menjadi penyemangat untuk bisa berkolaborasi dan menjaga kekompakkan agar bisa meraih kesuksesan ‘pucuk moment,” ucap Yustina Amelia.

Pucuk Cool Jam telah memberikan ruang bagi anak-anak muda untuk dapat mengekspresikan diri dan mengembangkan kreativitas mereka secara lebih luas, sekaligus melahirkan talenta-talenta muda yang berani menantang dirinya untuk mencoba hal baru dengan unjuk kebolehan di depan publik.

Editor: Kink Kusuma Rein

Iklan PDAM
...
Sulselsatu

Data Terbaru, 35 Orang Positif Covid-19 di Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kasus Positif Covid-19 di Jeneponto terus mengalami peningkatkan. Juru Bicara Gugus Tugas Jeneponto, Mustaufiq didampingi Plt Kadinkes Jeneponto, Susanti, Senin (29/6/2020) mengatakan,...
Sulselsatu

Pasien Positif Covid-19 Meninggal di RSUD Latopas Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Satu orang pasien positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan insial F (63) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Darah (RSUD) Lanto Dg...
Sulselsatu

Disdik Makassar Akui Persiapan Pendaftaran PPDB Sudah Rampung

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinas Pendidikan Kota Makassar mengaku telah merampungkan Persiapan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020-2021 yang dilakukan secara Online atau dalam...
Sulselsatu

Seks Anal Bisa Sebabkan Kehamilan? Begini Kata Pakar

SULSELSATU.com - Ada sebuah kecenderungan pasangan melakukan seks anal alias penetrasi Mr P ke anus perempuan. Pertanyaannya, mungkinkah seks anal mengakibatkan kehamilan. Dr Mary Jane...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...
Sulselsatu

Seorang Staf Dinas Kesehatan Sinjai Dinyatakan Positif Covid-19

SULSELSATU.com, SINJAI - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sinjai bertambah lima orang. Hal tersebut diungkapkan oleh Juri Bicara Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sinjai, Irwan...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...
Dinas Pendidikan
Sulselsatu

GALERI FOTO: Perayaan Ulang Tahun ke-103 PSM

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Manajemen, pemain dan Komunitas rayakan ulang tahun PSM yang ke-103 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (2/10/2018). Seluruh pemain dan official PSM...

Baca Juga

Sulselsatuvideo

VIDEO: Seorang Ibu Ngamuk di Acara Akad Nikah Anaknya, Minta Akad Nikah Dihentikan

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang ibu mengamuk minta acara pernikahan anaknya dihentikan. Dalam video terlihat pasangan pengantin tersebut berada disebuah ruangan untuk melangsungkan akad...
Sulselsatu

Cegah Penularan Virus, Unhas Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Lingkungan Kampus

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona di lingkungan kampus, Universitas Hasanuddin melakukan penyemprotan di seluruh area kampus, Sabtu (11/7/2020). Penyemprotan yang berlangsung...
Sulselsatu

Pimpin Apel Khusus, Ini Pesan Komandan Lantamal VI

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas memimipin apel khusus di Lapangan Arafuru Mako...
Sulselsatu

IRT di Sinjai Diringkus Polisi Bersama Barang Bukti 16 Saset Sabu

SULSELSATU.com, SINJAI - Satresnarkoba Polres Sinjai meringkus dua orang warga di BTN Lappa Mas I, Jalan Halim Perdanakusuma, Rabu (8/7/2020) malam. Kedua orang tersebut masing-masing...

TERKINI

Sulselsatu

Kemenag Beri Kewenangan ke Daerah Tentukan Belajar Daring Atau Tatap Muka

SULSELSATU.com - Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan keputusan belajar daring, atau tatap...
Sulselsatu

Tokoh Masyarakat Banta-bantaeng Sampaikan Dukungan ke Dilan Usai Bertemu IAS

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah tokoh masyarakat bersama Ketua RW dan RT di...
Sulselsatu

Selama Dua Pekan Poliklinik Jiwa di RSUD Parepare Tidak Buka Layanan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota...
Sulselsatu

Pakar Epidemiologi Pembukaan Sekolah di Tengah Pandemi Bisa Munculkan Klaster Baru

SULSELSATU.com - Sejumlah sekolah di Indonesia sudah mulai dibuka, proses belajar...
Sulselsatu

Bupati Barru: Jangan Persulit Warga Urus Surat Bebas Covid-19 Jika Penuhi Syarat

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh mengingatkan jajarannya, terutama Tim...
Sulselsatu

Penegasan Sikap, RMS: Bismillah ADAMA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Rusdi Masse (RMS)...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Hanya 1 Penumpang, Pesawat Citylink Terbang ke Surabaya

SULSELSATU.com - Seorang pria membagikan momen saat lakukan penerbangan ke Surabaya menggunakan maskapai Citylink. Menariknya, ia menjadi satu-satunya penumpang dalam pesawat tersebut. Dalam video itu ia...