iklan Kareba Parlementa
Sulselsatu
Sulselsatu
iklan Kareba Parlementa

NA Halal Bihalal Bersama IKAMI Sulsel

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Sulsel,Nurdin Abdullah menghadiri halal bihalal virtual bersama Pengurus Besar Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (PB IKAMI Sulsel), Rabu, (03/06/2020).

Gubernur Sulsel pada kesempatan ini memberikan arahan bagi Mahasiswa Sulsel serta memberikan perhatian bagi mahasiswa perantau Sulsel yang tidak dapat mudik akibat Covid-19.

Nurdin Abdullah mengaku bersyukur atas dukungan dan bantuan dari berbagai pihak dalam penanganan Covid-19, dan bekerja dalam berbagai lini membantu keluar dari masa pandemi ini. 

“Ini merupakan bukti bangsa Indonesia adalah bangsa gotong-royong dan bangsa pejuang yang selalu menemukan solusi dalam krisis,” ujarnya.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan dan berbagi informasi hal positif, termasuk di sosial media. 

“Halal bi halal ini termasuk dalam bentuk soliditas sosial kita memberikan informasi yang konstruktif dan optimis,” imbuhnya. 

Sedangkan, Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, Nasaruddin Umar dalam tauziahnya, mengingatkan pelajar dan mahasiswa serta masyarakat Sulsel. Bahwa bentuk pembelajaran tidak hanya kepada seorang guru. Tetapi juga dapat belajar pada impersonal teachers, yakni belajar pada alam. 

Selama seseorang belum belajar dari impersonal teacher, sejatinya ia belum belajar. Ia menjelaskan bahwa Al-Quran dan hadits serta pengalaman spiritual banyak mengisyaratkan tentang bagaimana manusia harus belajar kepada impersonal teracher. 

Pembelajaran tidak hanya mengandalkan deduksi akal, belajar dengan impersonal teacher, kita akan terbuka dengan ilmu-ilmu lain, di luar ilmu yang mengandalkan deduksi akal.

“Salah satu keunggulan masyarakat Sulsel itu punya kemampuan belajar pada apa yang disebut impersonal teacher. Yakni belajar pada laut, belajar pada pananrang (bintang-bintang di atas langit), belajar kepada pohon dan binatang. Itulah iqra yang sejati,” jelasnya. 

Ia menjelaskan Iqra yang pertama diturunkan pada Nabi Muhammad SAW itu bukan membaca Qur’an. Dimana saat itu belum ada Al-Qur’an, yang ada adalah membaca alam. 

“Jadi duluan kita diperintahkan membaca Al-Qur’an besar, makro cosmos dalam bentuk alam raya, dari pada Al-Qur’an kecil dalam bentuk huruf-huruf kecil dalam bentuk Al-Qur’an ini,” paparnya. 

Di akhir tauziahnya, ia kembali menekankan perlunya pelajar Sulsel bukan hanya belajar kepada guru, tetapi juga pada non person. 

“Believe or not, alangkah miskinnya seorang mahasiswa kalau gurunya hanya orang hidup. Belajarlah pada leluhurnya yang sudah wafat. Nabi Muhammad SAW akan selalu datang mengajari seseorang yang memenuhi syarat. Ayatnya banyak,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua PB IKAMI Sulsel, Rahmat Al Kafi menyebutkan, Halal Bihalal dilakukan secara virtual karena Covid-19 sedang melanda negeri ini. 

“Jadi kita ingin selalu melanjutkan tradisi yang ada, bersilaturahim bersama anggota IKAMI, tokoh Sulsel, Pemerintah Sulsel,” tuturnya. 

Lanjutnya, silaturahmi virtual ini justru dapat dihadiri dengan jumlah peserta lebih maksimal dibandingkan dengan melakukan mobilisasi. Selain Gubernur, juga hadir Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, Nasaruddin Umar dan senior-senior IKAMI yang telah mengabdi dalam berbagai bidang. 

Kafi menambahkan, halal bi halal ini merupakan pertemuan virtual kedua dengan Gubernur. Sama dengan pertemuan pertama, juga telah disampaikan bahwa IKAMI dan Pemprov Sulsel harus bersama-sama membangun Sulsel.

“Pertemuan kita juga membahas bagaimana alumni-alumni kita yang lulus di Jawa atau daerah lain di luar Sulsel, kembali. Kalau bisa kembali membangun di desa tertinggal misalnya,” terangnya. 

Dengan komunikasi intens yang telah terjalin dengan Gubernur berlatar belakang akademisi tersebut, Ia berharap banyak perhatian mahasiswa rantau yang ada di seluruh Indonesia. Walau data resmi tidak ada, namun diperkirakan jumlahnya 30-50 ribu. Untuk Jogyakarta saja hingga 10 ribu orang. 

“Itu mahasiswa Sulsel. Kalau kami di IKAMI itu terbagi ada mahasiswa Sulsel yang datang dari Sulsel, ada yang keturunan Sulsel sepertu di Kalimantan, Sumatera, Maluku dan Papua. ,” jelasnya. 

Hal lain, yang disampaikan, terkait distribusi sembako Covid-19 untuk Jawa dan Bali juga sebelumnya tidak ada masalah. Pihaknya juga mengajukan kembali untuk wilayah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku dan Papua. Pengajuan ini telah direspon. 

Penulis: Jahir Majid

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...
Sulselsatu

Data Terbaru, 35 Orang Positif Covid-19 di Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kasus Positif Covid-19 di Jeneponto terus mengalami peningkatkan. Juru Bicara Gugus Tugas Jeneponto, Mustaufiq didampingi Plt Kadinkes Jeneponto, Susanti, Senin (29/6/2020) mengatakan,...
Sulselsatu

Pasien Positif Covid-19 Meninggal di RSUD Latopas Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Satu orang pasien positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan insial F (63) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Darah (RSUD) Lanto Dg...
Sulselsatu

Disdik Makassar Akui Persiapan Pendaftaran PPDB Sudah Rampung

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinas Pendidikan Kota Makassar mengaku telah merampungkan Persiapan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020-2021 yang dilakukan secara Online atau dalam...
Sulselsatu

Seks Anal Bisa Sebabkan Kehamilan? Begini Kata Pakar

SULSELSATU.com - Ada sebuah kecenderungan pasangan melakukan seks anal alias penetrasi Mr P ke anus perempuan. Pertanyaannya, mungkinkah seks anal mengakibatkan kehamilan. Dr Mary Jane...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...
Sulselsatu

Seorang Staf Dinas Kesehatan Sinjai Dinyatakan Positif Covid-19

SULSELSATU.com, SINJAI - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sinjai bertambah lima orang. Hal tersebut diungkapkan oleh Juri Bicara Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sinjai, Irwan...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...
Dinas Pendidikan
Sulselsatu

GALERI FOTO: Polrestabes Makassar Rilis Penangkapan 13 Pengedar Narkoba

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sebanyak 13 tersangka pengedar sabu diamankan di Polrestabes Makassar, Senin (5/3/2018). Kasat Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Diari Estetika, merilis 13 belas orang...

Baca Juga

Sulselsatu

Wawali Parepare Hadiri HUT ke-74 Bhayangkara di Mapolres

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mewakili Wali Kota HM Taufan Pawe, menghadiri undangan upacara HUT Bhayangkara ke-74 di Mapolres Parepare. Kegiatan...
Sulselsatu

Senin Perdana, Rudy Sowan ke Muspida Kota Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dalam rangka mewujudkan sinergitas menjalankan roda pemerintahan di Kota Makassar, Pj Wali Kota Makassar Prof Rudy Djamaluddin, pada Senin perdananya sejak...
Sulselsatu

Tersangka Kasus Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19 di RS Labuang Baji Bertambah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kasus pengambilan paksa jenazah yang dilakukan oleh 13 pelaku di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar pada 5 Juni lalu, kini sudah...
Sulselsatu

Amerika Hentikan Ekspor Senjata ke Hong Kong, Ini Alasannya

SULSELSATU.com, AMERIKA - Meskipun mendapatkan penolakan dari sejumlah negara atas pemberlakukan Undang-Undang Kemanan Nasional Hong Kong, Presiden Tiongkok Xi Jinping hari ini secara resmi menandatangani...

TERKINI

Sulselsatuvideo

VIDEO: Peti Jenazah Covid-19 di Jeneponto Dibongkar Paksa Warga

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Aksi bongkar peti jenazah Covid-19 di Jeneponto, viral....
Sulselsatu

Saudi Perketat Protokol, Jemaah Haji Dilarang Sentuh Kakbah dan Hajar Aswad

JAKARTA - Pemerintah Kerjaan Arab Saudi memutuskan untuk tetap menyelenggarakan ibadah...
Sulselsatu

RSUD Parepare Maksimalkan Penyemprotan Setiap Sudut Rumah Sakit

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wabah Covid-19 yang masih menjangkiti Kota Parepare akhir-akhir...
Sulselsatu

NA Pantau Rapid Test Gratis Hari Pertama di Gedung TP PKK

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memantau pelaksanaan rapid test...
Sulselsatu

Masvidal Disebut Jadi Pengganti Burns Vs Kamaru Usman di UFC 251

JAKARTA - UFC disebut telah menunjuk Jorge Masvidal menggantikan posisi Gilbert...
Sulselsatu

Gubernur Dukung Pencanangan Gerakan Penanganan Covid-19 sebagai Bentuk Sinergi Bersama

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyebutkan Kota Makassar...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Jadi Tersangka Penganiayaan Pegawai KPK, Sekda Pemprov Papua Minta Maaf

SULSELSATU.com, JAKARTA – Polisi menetapkan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Papua, T.E.A Hery Dosinaen sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap pegawai KPK, beberapa waktu lalu. Penetapan...